MADZHAB FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN

  • Agus Burhan dosen
Keywords: Madzhab filsafat progresivisme, pendidikan

Abstract

Progresivisme merupakan madzhab filsafat pendidikan modern yang menghendaki adanya perubahan pelaksanaan pendidikan menjadi lebih maju. Madzhab progresivisme ini mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak dan menjadikan pendidik hanya sebatas sebagai fasilitaor, pembimbing, dan pengarah bagi peserta didik. Adapun tujuan dari aliran progresivisme dalam pendidikan merubah praktik pendidikan yang selama ini terkesan otiriter menjadi demokratis dan lebih menghargai potensi dan kemampuan anak, serta mendorong untuk dilaksanakannya pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik. Dengan menerapkan madzhab progresivisme dalam pendidikan, harapannya dapat membahwa perubahan dan kemajuan pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas, sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia.

References

Abudin, Nata. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat: Wacana Ilmu dan Pemikiran.
Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia. 1 (1).
Anwar, Muhammad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group As’adi.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Barnabid, Imam. 1997. Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta: Andi Offset
Djumransyah. 2004. Filsafat Pendidikaan, Malang: Bayu Media.
Edward, P. dan Yusnadi. 2015. Filsafat Pendidikan, Medan: UNIMED Press.
Hendrik Rapar, Pengantar Filsafat, (Yogyakarta: Kanisius, 1996).
Ibrahim, R. (2018). Filsafat Progresivisme Perkembangan Peserta Didik. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan. 10 (1).
Notonagoro, Filsafat Pendidikan Nasional Pancasila, (Yogyakarta: FIP-IKIP Yogyakarta, 1973).
Muis, I.S. (2004). Pendidikan Partisiptif Menimbang Konsep Fitrah dan Progesivisme Jhon Dewey, Yogyakarta: Safaria Insania Press.
Pidarta, M. 2000. Landasan Kepedidikan, Jakarta : Rineka Cipta.
Sudrajat, A. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Paradigma Baru. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Tafsir, Ahmad. 2004. Filsafat Ilmu Mengurai Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Pengetahuan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2023-02-28
How to Cite
Burhan, A. (2023). MADZHAB FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 11-22. Retrieved from https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/80