TAHAPAN PENILAIAN KARAKTER DALAM KURIKULUM (SUPERVISI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI) 1 KABUPATEN BANDUNG

  • Oo Sodikin Mahasiswa Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung 2021
  • Hanafiah Hanafiah Dosen Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung
Keywords: Attitudes, Behavior, Motivation, and Skills

Abstract

Character is psychological, moral, or character traits that distinguish one person from another. Character refers to a series of attitudes, behavior, motivation, and skills. Meanwhile, according to Muslim thinkers, morality shows the condition of the soul that causes spontaneous actions or behavior. Of the three terms regarding attitudes, character and morals, there is a point of similarity between the three that the three terms are related to mental conditions, behavior and actions.

References

Aan Hasanah, Pendidikan karakter Perspektif Islam, Bandung, Insan Komunika, 2013, 41.
Sofyan Tsauri, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung, Rizqi Press, 2013, 160
Nuni Nurbayani, Makalah Sistem Penilaian Pendidikan Karakter, UIN Bandung, 2014
Undang-undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Mendikbud Republik Indonesia, No. 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
PP No.32 Tahun 2013, Tentang perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005, Tentang Standar Pendidikan Nasional, Pasal 1, Ayat 24
Syaiful Bahri Jamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif-Suatu pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta, PT Rhineka Cipta, 2005, 249.
Ramayuliis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam mulia, 2004, 204-205
E.Mulyaasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Rosda Karya, 2017,146
idyastuti, A., Simarmata, J., Meirista, E., Susanti, S. S., Dwiyanto, H., Rosyidah, M., ... & Wula, P. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan. Yayasan Kita Menulis.
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Susanti, S. S., & Soreang, D. S. Y. (2019). MORAL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERLANDASKAN AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2, 317-327.
Susanti, S. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 75-100.
Susanti, S. S., Mariam, I. T., Abadiah, N. D., & Rusyamsi, S. (2020). METODE DAN KONSEP PEMBELAJARAN PAI (Teori dan Implementasi). Yamisa Press.
Published
2021-02-23
How to Cite
Sodikin, O., & Hanafiah, H. (2021). TAHAPAN PENILAIAN KARAKTER DALAM KURIKULUM (SUPERVISI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI) 1 KABUPATEN BANDUNG. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 32-39. Retrieved from http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/61