KOMUNIKASI DAN HUMAN RELATION PEMIMPIN PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI

  • Oo Sodikin Mahasiswa Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung 2021
  • Deddy Hendriady Mahasiswa Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung 2021
  • Sofyan Sauri Mahasiswa Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Faiz Karim Fathullah Dosen Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung
Keywords: Leader, encourage, influence, manage, communication and human relations in leadership.

Abstract

A leader is an individual who functions as a guide, motivator, and mover who causes others to act in accordance with the goals to be achieved. A true leader is a person who has the ability to encourage, influence, manage a person or group of people to behave or work according to the applicable provisions in an institution to achieve organizational goals. one of the problems in leadership that is related to leader behavior, communication and human relations in leadership are two important things to create a leader's success in leading his organization, including education leaders must communicate and Human Relations Educational Leaders Based on Religion, Philosophy, Psychology, and Sociology.

References

Abdurrahman, Deni. (1999). Dasar-Dasar Public Relation, Bandung: Alumni
Al-Maktabah asy-Syamilah versi 2.11
Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. (1993). Tafsir al-Maraghi, Semarang: Thoha Putra
Asep Encu (2012) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah; Suplemen Rencana Kerja Madrasah dan Rencana Anggaran Kegiatan Madrasah. Bandung: Pustaka Billah
Departemen Agama RI. (2001)., Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra,
Departemen Pendidikan Nasional, 2014, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia
Effendy, Onong Uchjana (1992) Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Effendi, Onong Uchjana (2002) Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. (2009). Human Relation & Public Relation, Bandung: Mandar Maju
Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Haris, Abdul. (2013). Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: IDB
Iriantara, Yosal, dkk. (2017). Komunikasi Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kartini Kartono (2003) Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu). Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada.
Khamdani, Puji 2014, Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, Jurnal Madaniyah, Edisi VII, 2014.
Mansoor, A. Quraishi (1970) Some Aspects of Muslim Education. Lahore: Universal Books.
Mudjiono, Yoyon ( 2013). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: Jaudar Pers.
Muhadi, Zaenuddin dkk. (2005), Studi Kepemimpinan Islam, Semarang: Putra Mediatama Press.
Mufid, Muhammad (2015) Etika Filsafat Komunikasi (Versi Ebook). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mulyana, Deddy (2010) Komunikasi Antar Budaya; Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang yang Berbeda Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nababan, Nababan, Mei Lamria Entalya.2012. Kesantunan Verbal dan Nonverbal pada Tuturan Direktif dalam Pembelajaran di SMP Taman Rama Nasional PlusJimbaran.Tesis. Singaraja: Pascasarjana UNDIKSHA.
Prayitno, (2009) Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Rahmat, Jalaluddin. (1999). Efektivitas Berkomunikasi dalam Islam. Bandung: Mizan,
Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi, Bandung : Rosdakarya
Sauri, Sofyan, dkk. (2009). Pengembangan Filsafat Pendidikan Islam di SMA dan Impilikasinya, Disajikan pada Seminar Nasional bagi guru-guru di Kabupaten Subang – 8 Agustus 2009.
Sauri, Sofyan, dkk. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai, Bandung: Refika.
Sauri, Sofyan. (2007). Sekilas Tentang Pendidikan Nilai, Disajikan untuk Pelatihan Guru-Guru di Kapus Politeknik UNSI, Sukabumi, 29 Desember 2007.
Sauri, Sofyan. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung :RIZQI Press.
Sauri, Sofyan (2006). Pendidikan Berbahasa Santun. Bandung: Genesindo.
Sauri, Sofyan (2018). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Islam. Bandung: Rizqi Press.
Soepardi (1998) Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: P2LPTK.
Tafsir, Ahmad, (2004). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
W.J.S Poerwadarminta (1991) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
W.S Winkel (2009) Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Zubair, Achmad Charris (1980). Kuliah Etika Cet. II, Jakarta: Rajawali Pers.

Sumber/Referensi/ lainnya:
https://forumkeadilan.com/2017/09/filsafat-kepemimpinan/
https://kbbi.web.id/falsafah
https://bangazul.com/teori-kepemimpinan-atau-leadership-theory/
Sofyan Sauri (2003) Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun di Sekolah(Jurnal). http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_MIMBAR_PENDIDIKAN/MIMBAR_NO_1_2003/Pengembangan_Strategi_Pendidikan_Berbahasa_Santun_di_Sekolah.pdf

J Buku. Jurnal, Artikel
Jurnal. Merujuk Hasil penelitian yang dilakukan oleh Eka Cahyani Putri Susanti dikutip dari Jurnal Vol. 17. 2 (2014) Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya yang dengan Judul: “Pengaruh human relation (hubungan antar manusia) dan Kondisi Lingkungan Kerja terhadap Kinerja karyawan (Studi pada Karyawan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Kabupaten Lamongan)”.
Jurnal. Peneliti: Dhian Rosalina, Devi Apiska diterbitkan dari Jurnal: Niagawan Vol 7 No 2 Juli 2018 Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra. berjudul: Dampak Kualitas Hubungan antar Manusia (Human Relation) terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia Organisasi.
Jurnal. Penelitian yang dilakukan oleh Fadillah B11.2011.02184 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Widyastuti, A., Simarmata, J., Meirista, E., Susanti, S. S., Dwiyanto, H., Rosyidah, M., ... & Wula, P. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan. Yayasan Kita Menulis.
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Susanti, S. S., & Soreang, D. S. Y. (2019). MORAL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERLANDASKAN AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2, 317-327.
Susanti, S. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 75-100.
Susanti, S. S., Mariam, I. T., Abadiah, N. D., & Rusyamsi, S. (2020). METODE DAN KONSEP PEMBELAJARAN PAI (Teori dan Implementasi). Yamisa Press.
Published
2021-02-23
How to Cite
Sodikin, O., Hendriady, D., Sauri, S., & Fathullah, F. (2021). KOMUNIKASI DAN HUMAN RELATION PEMIMPIN PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 14-31. Retrieved from http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/60